Tuesday, April 21, 2009

Status of Symbol

Jika kamu seorang manager di sebuah perusahaan, atau kamu menduduki jabatan yg cukup tinggi dan berpengaruh diperusahaanmu. Bagaimana kira- kira penampilanmu?

Apakah kamu akan mencari segala sesuatu yg mendukung dirimu untuk menunjang statusmu? Atau kamu akan tetap tampil sederhana?

Seorang teman pernah memberiku hadiah Bolpoint Parker.
“ Kamu seorang manager, hargai dirimu. Biar kalo tanda tangan MOU ga pake bolpoint murahan atau parahnya minjem kekolegamu” ( seperti yg sering kulakukan)

Tak pernah terpikirkan olehku sebelumnya bahwa semakin tinggi jabatan ada sedikit tuntuan yg tidak penting untuk mendukung statusmu.

Mungkin seorang manager memang perlu memperhatikan statusnya; perlu mobil agar tak kepanasan dijalan apalagi sampai berkeringat dan bau terik matahari ketika rapat, pakai telp selular terkini yg terkategori smartphone:Blackberry, Iphone ato PDA untuk diletakkan diatas meja saat rapat. Tak hanya handphonenya saja yg diperhatikan providernya juga perlu, langgangan yag pasca bayar, karena tak lucu saat harus menelfon kolega pulsa habis, ga mau malu kan? Dan saat presentasi laptop Apple yg putih dan tipis yg nampak elegant akan menarik perhatian. Tak hanya itu, di sela kekosongan waktu selain bermain dengan smartphonemu untuk mengatur jadwal dan mengganti status Facebookmu, juga perlu mengeluarkan Ipod untuk sekedar mendengarkan lagu favoritmu.

Terus bagaiaman dengan pakaian, tas dan sepatu? Nampaknya merek memang memegang peranan, setelan blazer dari Gucci, Vercasse, Louis Vuiton, akan cantik sekali, tapi apakah mampu di gapai dengan gaji seorang manager? Hahahah..
yah minimal crocslah untuk dandanan santaimu.

Selain itu, parfum dan kosmetik merupakan pendukung juga, merek The Body shop pilihan yg tepat untuk menunjukkan dirimu bahwa kamu wanita yg mencintai bahan alami dan sepakat dengan perjuangan Dame Anita Roddick.

Tak lupa tentang rambut jgn dibiarkan memutih atau malah menguning bekas cat rambut yg lawas biarkan Loreal Profesional menjadi temanmu.

Untuk menghindari matamu dari sinar matahari sunglases Oakley terbaru akan cantik menjadi temanmu, apalagi khusus seri yg menyumbang untuk kanker atau HIV Aids akan lebih menunjang statusmu sebagai orang yg peka tehadap isu sosial.

Jadi mencantumkan status sebagai seorang manager dalam kartu namamu bukan hal yg sederhana. Tapi tetep bisa disederhanakan dengan berbagai pertimbangan lain.

Begitulah sebuah status memposisian dirimu dan menguras isi kantongmu untuk sebuah simbol.

Ubud,
21 April 2009, 16.30

No comments: