Tuesday, April 21, 2009

Hari Kartini

Apakah hari kartini sekarang diperingati hanya dengan berkebaya? Sebagai simbol sebuah keperempuanan?
Apakah Kartini hanya identik dengan pejuang wanita yg tangguh dan berani memperjuangkan hak kaumnya?
Kini di kalender sudah pasti tercetak tanggal 21 April sebagai hari Kartini yg terus akan diperingati. Karena tidak mungkin akan meloncati tanggalan tersebut.
Aku tak berkebaya, akupun tak berjuang, tak pula memperingati. Karena kau bukan Kartini
Tapi aku perempuan. ( hanya itu yg kuingat)
Para aktivis perempuan berjuang untuk hak perempuan, kebebasan perempuan serta kesetaraan gender. ( Pejuang Kartini garis depan jika boleh disebut)
Banyak sekali para Kartini yg berada di garis depan untuk memperjuangkan kaumnya. Namun jauh lebih banyak para Kartini yg berada di garis belakang: menikmati menjadi ratu, tinggal dirumah mewah, memiliki pembantu banyak, bangun siang, aktivitasnya ; shoping, ke salon, arisan, ngerumpi sembari memamerkan kekayaan - ( Kartini yg berada di garis belakang,- lagi lagi jika boleh disebut seperti itu)
Adakah yg salah antara kartini tersebut? – Kartini pejuang garis depan dan Kartini pejuang garis belakang?
Tak ada yang salah, semua itu pilihan. Memilih posisi mau berada di depan atau di belakang. Toh keduanya adalah perempuan yang sama-sama memegang posisi, yg secara mendasar juga diikutkan dalam perjuangan kaum perempuan.
Tak ada parameter untuk mengukur, semua sah-sah saja. Semua alasan bisa diterima.
Habis Gelap Terbitlah Terang – Kartini pejuang garis depan selalu mematri itu dalam benaknya untuk selalu membawa terang bagi kaumnya. Tiada mimpi yg jadi kenyataan tanpa kerja keras dapat diartikan seperti itu.
Namun Kartini yg lain tak perlu bersusah payah melewati gelap untuk menyongsong terang, tinggal tidur dan mimpipun jadi nyata.
Kemudian apakah ada yang salah?

Tetap tidak ada yg salah. Semua itu pilihan, mau bekerja keras atau tinggal tidur- tetep sama; mimpi itu akan tetap jadi kenyataan yg sama. Mereka sama-sama perempuan dan sama-sama Kartini.

Selain kaum perempuan sendiri yg menghianati ke Kartinian ini, adakah pihak lain yg mempengaruhi terciptanya Kartini jenis baru ini?

Tetap tidak menyalahkan siapapun,
Cuman tersenyum,
Teringat kenyataan lain bahwa; Kaum lelaki sangat menikmati menciptakan para Kartini baru tersebut.

Semua itu pilihan, tiada yg salah, semua berbahagia pada porsinya masing-masing.

Ubud,
21 April 2009. Pk. 15.00 wita

No comments: